Metro Pakai Paspor Palsu, 6 WN Afganistan Ditangkap

VIVAnews - Enam warga Afganistan ditangkap petugas Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, Jawa Barat, karena kedapatan menggunakan paspor palsu.

Dari hasil pendataan, mereka yang ditangkap adalah Mendi Dokohaki, Mendi, dan Shakihali, pasangan suami istri, Maraghani, Mohammad Reza, dan Aghae, yang juga pasangan suami istri.

"Mereka seluruhnya warga Afganistan," kata Kepala Imigrasi Badara Soekarno Hatta, Dirman Sukardi, Rabu 12 Oktober 2011.

Menurutnya, imigran gelap itu masuk ke Indonesia dengan pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH 713 melalui Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa 11 Oktober 2011 kemarin. 

Kepada petugas, imigran itu mengaku tujuan utamanya bukan Indonesia. Mereka kabur dari negara asalnya karena ingin mencari suaka politik.  Menyusul terjadinya konflik politik dan perang di negara asal mereka. "Indonesia hanya dijadikan sebagai tempat transit."Mereka tidak menyebutkan tujuan akhirnya ke mana," ujarnya.

Indonesia memang masih menjadi tempat singgah imigran gelap beberapa negara di Timur Tengah yang sedang mengalami konflik. Sebelumnya, 44 imigran gelap asal Irak dan Iran juga ditangkap saat hendak menyeberang ke Australia melalui Pantai Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Mereka menggunakan tujuh kendaraan yang disewa dari Bogor. Pencari swaka ini berangkat dari sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan. Mereka kemudian dihentikan polisi tepat pukul 00.00 WIB, di depan Polsek Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Dari pemeriksaan hanya 10 orang yang mempunyai paspor. Penangkapan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya Imigrasi Kelas II Sukabumi juga menggagalkan upaya pencari suaka tahun 2010 lalu.

(Laporan: Muhammad Iyus| Tangerang, umi)
• VIVAnews

About The Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By Shabbir !

0 comments:

All Rights Reserved. 2014 Copyright SIMPLITONA

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : BloggerMotion

Top