Merpati Protes Pemenang Tender Angkutan Jamaah Haji Lampung

TEMPO Interaktif, Bandar Lampung - Maskapai penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines memprotes pemenang tender angkutan calon jemaah haji asal Lampung dari Bandara Radin Intan II Lampung ke Jakarta. Proses tender dinilai tidak transparan dan menyalahi aturan tentang penyediaan barang dan jasa atau Keputusan Presiden Nomor 54 Tahun 2010.

“Ada upaya panitia lelang dari Kementerian Agama berupaya memenangkan salah satu pihak. Upaya sanggah banding juga tidak dilayani mereka,” kata Dwi Julian, Representative Distric Merpati Airlines, di Bandar Lampung, Jumat, 7 Oktober 2011.

Dia mengatakan pihaknya sudah berupaya mengajukan sanggah banding karena tidak puas terhadap proses lelang yang memenangkan PT. Aryo Tour and Travel, perusahaan milik Aryodya, anak Gubernur Lampung Sjachroedin ZP. Perusahaan milik anggota Dewan Perwakilan Daerah RI asal Lampung itu memenangkan tender meski nilai penawaran lebih tinggi dari Merpati. Saat tender, kata dia, Merpati mengajukan penawaran lebih rendah, yakni Rp. 1,6 miliar.

Untuk mengangkut 6.334 calon jemaah haji asal Lampung dari Bandara Radin Intan II ke Sukarno Hatta Jakarta pergi pulang (PP), Merpati mengajukan penawaran Rp. 12,068 miliar sedangkan PT Aryo Tour And Travel yang menggandeng Sriwijaya Airlines mengajukan penawaran sebesar Rp. 13,65 miliar. Merpati juga merasa lebih berpengalaman dan memiliki armada yang mencukupi untuk melayani calon jemaah haji asal Lampung. “Kejanggalan itulah yang mendasari kami protes hasil lelang dan akan menempuh jalur hukum jika ada indikasi panitia menghambat upaya sanggah banding,” katanya.

Merpati, kata dia, lebih unggul dari segi teknis dan pengalaman karena sudah menangani transportasi jemaah haji di Mamuju, Sulawesi Barat; Sorong, Papua Barat, dan daerah lain. Lampung membutuhkan transportasi udara untuk mengangkut para calon jemaah haji dari Bandara Radin Intan II ke Jakarta setelah Bandara Radin Intan II ditetapkan sebagai embarkasi antara. Itu membuat para calon jemaah haji asal Lampung tidak lagi masuk ke asrama haji di Jakarta sebelum terbang ke Tanah Suci.

Sementara itu menanggapi protes dari Merpati, Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung tetap kukuh menyatakan Aryo Tour and Travel sebagai pemenang. Mereka tetap akan menggunakan jasa perusahaan itu untuk mengangkut calon jemaah haji mulai 9 Oktober nanti.

“Itu hak mereka melakukan protes. Kami tetap memberangkatkan jemaah dengan perusahaan pemenang tender sesuai jadwal,” kata Istituningsih, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung.

About The Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By Shabbir !

0 comments:

All Rights Reserved. 2014 Copyright SIMPLITONA

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : BloggerMotion

Top