Pilot Senior: Pesawat Cessna 172 Diduga Jatuh


Bandung, (Analisa). Pilot senior Saleh Sudrajat (55) menduga pesawat Cessna 172 skyhawk milik sekolah penerbangan PT Nusa Flying School yang hilang kontak sejak kemarin, jatuh (crash) di tempat yang tidak diketahui.
"Kemungkinan besar crash atau jatuh kemudian fatal," kata Saleh Sudrajat, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Kamis.

Dugaan tersebut, kata Salah Sudrajat, didasarkan pada waktu pesawat yang mengangkut tiga orang tersebut terbang pada waktu pagi hari atau sekitar pukul 10.00 WIB.

"Yang saya ketahui, pesawat itu kemarin mulai hilang kontak jam 10 pagi. Kalau pagi hari, keadaan cuaca untuk terbang masih relatif masih aman. Berbeda kalau sore hari terbangnya. Jadi kalau karena faktor alam menjadi penyebabnya kecil," ujar Kang Saleh, sapaan akrab Saleh Sudrajat.

Menurutnya, penyebab hilang kontak pesawat Cessna 172 skyhawk milik sekolah penerbangan PT Nusa Flying School bisa dikarena banyak faktor.

"Dalam penerbangan itu banyak kemungkinannya. Bisa karena human error, kompasnya melenceng, atau mungkin pesawat itu tidak memakai ELT atau emergency locator transmitters," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman dirinya sebagai seorang pilot jika memang pesawat hilang kontak atau arah terbang di Jalur Pantura bisa disiasati dengan mengikuti alur di Pantai Utara (Pantura).

"Kalau terbang dari Cirebon ke Bandara Halim bisa ikuti Jalur Pantura, lebih mudah dan tidak sampai kehilangan arah. Tinggal menyusuri Pantura karena lebih mudah dievaluasi," kata Kang Soleh.

Pesawat Cessna 172 milik sekolah penerbangan PT Nusa Flying School hilang kontak dalam perjalanan dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, menuju Cirebon, Jawa Barat, Rabu (16/11).

Pesawat ini ditumpangi tiga orang, terdiri dari instruktur dan dua siswa penerbang yang sudah berada di tahap akhir.

Ketiga orang tersebut ialah Kapten Partogi Sianipar (25), kedua siswa penerbangan Muhammad Fikriansyah (18), Agung Febrian (30) siswa penerbang. (Ant)

sbr ; harian analisa

About The Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By Shabbir !

0 comments:

All Rights Reserved. 2014 Copyright SIMPLITONA

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : BloggerMotion

Top