Pesawat Cessna Jatuh di Wilayah Cirebon


CIREBON, KOMPAS - Sebuah pesawat latih jenis Cessna C172-PK NIP milik sekolah penerbangan Nusa Flying yang terbang dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, tujuan Bandar Udara Budiarto di Curug, Tangerang, dilaporkan jatuh di sekitar wilayah Cirebon, Jawa Barat, Rabu (16/11) pagi. Pesawat itu dilaporkan hilang kontak sejak pukul 08.53.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pesawat latih berawak tiga orang itu berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 07.40, dan dijadwalkan tiba di Bandara Budiarto, Curug, pukul 09.33. Pesawat itu semestinya melintasi wilayah udara Cirebon sekitar pukul 08.53. ”Namun, pada waktu yang dijadwalkan, pesawat tidak bisa dikontak oleh petugas yang ada di Bandar Udara Cirebon (Cakrabuana),” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu.

Pesawat itu ditumpangi Kapten Pilot Partogi yang sekaligus menjadi instruktur dalam pelatihan terbang itu. Dua orang lainnya yang belum bisa dipastikan identitasnya adalah siswa terbang Nusa Flying.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan SAR Nasional Gagah Prakoso mengatakan, lima tim penyelamat yang merupakan tim gabungan dari Kementerian Perhubungan, Badan SAR Nasional, Nusa Flying International, dan Wings Air telah dikerahkan mencari lokasi jatuhnya pesawat.

”Ada lima pesawat yang digunakan, yakni 2 pesawat Cessna dari Nusa Flying, 1 helikopter dari Basarnas, 1 pesawat 212 Aviocar dari Kemhub, dan 1 pesawat Cessna dari Wings Air,” kata gagah.

Kepala Bandara Cakrabuana, Cirebon, Emil Taufiq menjelaskan, pesawat Cessna umumnya hanya membawa bahan bakar untuk jarak terbang selama empat jam. Hingga Rabu malam, pihaknya belum berhasil berkomunikasi dengan awak dalam pesawat itu sehingga kemungkinan besar pesawat latih Cessna itu terjatuh di area lintasan dari Jakarta hingga Cirebon.

”Dari kenyataan ini, kemungkinan besar pesawat itu jatuh,” ujar Emil. (REK)

About The Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By Shabbir !

0 comments:

All Rights Reserved. 2014 Copyright SIMPLITONA

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : BloggerMotion

Top